Sedap Malam, Bunga Mistis yang Jadi Primadona Kosmetik

sedap-malam-doktersehat
Photo Credit: Flickr.com/Chanae Anderson

Ada banyak jenis bunga yang ada di seluruh dunia, dan masing-masing memiliki keunikan tersendiri. Jika selama ini banyak orang menganggap bunga mawar dan melati sebagai primadonanya bunga, maka ada bunga lain yang harusnya juga patut dihitungkan manfaatnya, yaitu bunga sedap malam.

Bunga ini memang cukup fenomenal karena baunya yang kerap dikaitkan dengan mistis. Memang, sesuai dengan namanya, bunga ini memancarkan bau yang sangat tajam, terutama saat malam hari. Ada kalanya baunya sangat menusuk sehingga banyak orang menghubungkannya dengan kehadiran makhluk gaib.

Namun terlepas dari berbagai mitos yang mengelilingi, nyatanya bunga ini memiliki keajaiban tersendiri dalam tubuhnya. Baunya yang kerap dianggap menakutkan justru menginspirasi banyak orang untuk menciptakan parfum dari ekstraknya.

Bunga dengan nama latin Polynthes tuberose ini asalnya dari Meksiko dan masuk dalam keluarga Amaryilidaceae. Dia memiliki akar tunggal dan tinggi batangnya bisa mencapai 1,8 meter. Para ahli mengambil minyak atsiri dalam tubuhnya dan kemudian dikembangkan menjadi kosmetik dan parfum.

Kandungan yang ada di dalam bunga sedap malam antara lain adalah methyl anthranilate, methyl benzoate, methyl salicylate, benzyl benzoate, ketone, dan benzoil acid. Adapun parfum yang biasa menggunakan sedap malam adalah yang bertipe oriental, karena wanginya yang sangat kuat.

Terlepas dari manfaatnya yang luar biasa, sedap malam memang memiliki penampilan yang cukup menarik. Warnanya yang putih bersih membuat banyak orang tidak bosan memandangnya. Tidak jarang bunga ini ditana secara khusus karena baunya yang khas dan membuat siapa saja merasa tenang.

Nah, apakah kamu salah satu orang yang masih menganggapnya sebagai Bunga mistis? Jangan takut lagi, bunga ini bukan penanda adanya hantu kok!

Sumber : https://doktersehat.com/sedap-malam-bunga-mistis-yang-jadi-primadona-kosmetik/

131 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *