DIAGNOSIS

Diagnosis :

Untuk menentukan diagnosis wasir, maka dokter akan melakukan serangkaian alur diagnosis yang dimulai dari wawancara. Dalam wawancara, dokter akan menggali keluhan-keluhan yang Anda rasakan.

Selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan fisik, yaitu pemeriksan secara menyeluruh oleh dokter. Detail pemeriksaan yang penting untuk dilakukan meliputi pemeriksaan area anus untuk memastikan penyebab keluhan adalah wasir. Anda mungkin saja diinstruksikan untuk mengedan saat pemeriksaan.

Selain melihat gambaran area anus (mencari benjolan), pemeriksaan juga mungkin disertai tindakan colok dubur (memasukkan jari ke dalam anus untuk memeriksa permukaan dalam anus) untuk kecurigaan wasir interna. Selain itu, pemeriksaan akan dilengkapi pula dengan pencarian adanya tanda-tanda telah terjadinya anemia sebagai komplikasi wasir (terdapat pucat pada konjungtiva mata).

Pemeriksaan penunjang bisa saja dibutuhkan bila hasil pemeriksaan fisik belum memuaskan. Misalnya karena wasir di dalam/ interna, terdapat rencana tindakan operatif pada wasir, maupun untuk mencari kemungkinan lain penyebab perdarahan dari anus (yang paling diwaspadai adalah kondisi kanker usus besar).

Pemeriksaan penunjang tersebut adalah anoskopi, sigmoidoskopi dan kolonoskopi. Pemeriksaan ini dilakukan dengan memasukkan alat yang dilengkapi oleh kamera ke dalam anus, untuk melihat gambaran dalam area usus besar bagian bawah secara jelas dan mendetail.

43 total views, 1 views today