PENGOBATAN

Pengobatan :

Bila Anda mengalami tanda dan gejala telah terjadi wasir, maka hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah seberapa berat derajat wasir yang diderita. Bila wasir tersebut tidak tampak (hanya dirasakan), masih dapat masuk dengan sendirinya, maka Anda masih dapat menunda kunjungan ke dokter.

Hal yang terpenting, upayakan perbaikan gaya hidup untuk mencegah agar wasir tidak memberat. Pencegahan ini juga penting bagi Anda yang belum pernah menderita wasir:

  1. Menjaga konsistensi tinja agar tidak keras, yaitu dengan mengonsumsi asupan makanan yang tinggi kandungan serat (misalnya buah-buahan, sayur-sayuran, gandum utuh, dll)
  2. Cukupkan asupan cairan Anda
  3. Hindari menunda proses buang air besar. Segeralah buang air besar saat Anda merasakan tanda-tandanya, sebab tinja yang tersimpan lama di usus besar akan terus mengalami penyerapan air sehingga konsistensinya akan mengeras seiring jalannya waktu
  4. Hindari mengedan terlalu kuat dan terlalu lama sat buang air besar
  5. Tingkatkan aktivitas fisik karena memiliki pengaruh atas kelancaran pencernaan Anda
  6. Hindari melakukan aktivitas yang memperlama waktu duduk di atas jamban (membaca, merokok) karena meningkatkan tekanan dan mempermudah terjadinya wasir
  7. Menjaga berat badan agar tetap ideal
  8. Hindari mengangkat beban yang terlalu berat, terutama ditambah kebiasaan menahan napas (mengedan) saat mengangkat beban berat tersebut

Lain halnya jika wasir disertai keluhan ketidaknyamanan yang begitu mengganggu Anda, menimbulkan perdarahan yang banyak, atau wasir telah menonjol keluar dan tidak dapat masuk sama sekali. Biasanya Anda akan disarankan untuk segera mengunjungi dokter untuk memperoleh penanganan.

Bila Anda mengalami perdarahan dari anus untuk pertama kalinya, maka Anda juga disarankan untuk memperoleh pemeriksaan dari dokter karena perdarahan lewat anus dapat pula disebabkan oleh berbagai penyakit lain seperti polip usus besar, kanker usus besar, atau penyakit Chron’s.

53 total views, 1 views today